JALAN JALAN KE BANGKOK 2017

6:30:00 PM

Pertengahan April lalu, aku pergi jalan-jalan ke Bangkok. Kebetulan pas awal tahun ada travel fair dan akhirnya beli tiket promo PP Jakarta - Bangkok. Tujuan jalan-jalan ke Bangkok kali ini untuk belanja dan makan street food. Baca selengkapnya cerita seru jalan-jalan ke Bangkok di bawah ini.



Persiapan

Aku beli tiket pesawat promo Air Asia yang kira-kira harganya Rp 1.800.000,- (pulang-pergi tapi belum termasuk bagasi). Karena pergi ber 7 aku dan teman-teman akhirnya booking apartemen via airbnb biar lebih hemat. Per orang cuma bayar sekitar Rp 400.000,- untuk 5 hari 4 malam. Murah banget kan! Jangan lupa tukar Rupiah ke Baht (mata uang Thailand). Waktu itu 1 Baht sekitar Rp 400,- dimulailah petualangan jalan-jalan ke Bangkok.


Hari pertama di Bangkok

Berangkat dari Jakarta sekitar jam 1 siang sampai di Bangkok jam setengah 5 sore. Aku mendarat di bandara Don Mueang. Setelah melewati imigrasi, biar tetap bisa update social media dan liat google map saat jalan-jalan ke Bangkok, aku langsung beli simcard seharga 200 Baht atau Rp 80.000,- untuk 7 hari isinya 1.5 GB. Eh ternyata pas udah beli, ada yang jual 3 GB dengan harga yang sama di deket pintu keluar no.6 sebelum naik bis. Untuk pergi ke apartemen yang udah aku booking, selain naik taksi, bisa naik bis terus lanjut naik BTS (semacam MRT di Bangkok). Untuk naik MRT harus beli tiket melalui mesin, cara bayarnya harus pakai koin. Lokasi apartemennya deket stasiun BTS Thong Lor, tepatnya di Sukhumvit soi 38. Apartemennya bagus lho untuk harga yang sangat murah. Ada onsen dan jacuzzi gratis dan di deket apartemen ada yang jual Mango sticky rice yang super enak seharga 60 Baht atau Rp 16.000,- !!

di rooftop apartemen ada Jacuzzi 
Ini sumpah enak luar biasa!!!

Setelah check in airbnb, aku dan teman-teman makan di salah satu restaurant deket stasiun BTS Thong Lor. Semua makanannya sehara 50 Baht aja alias Rp 20.000,- makanan pertama  waktu jalan-jalan ke Bangkok. Terus lanjut pergi naik perahu gratisan menuju Asiatique The Riverfront. Tempat belanja di pinggir sungai, jangan bayangin kayak pasar tradisional gitu, karena Asiatique ini keren banget lho! Ada banyak cafe dan butik juga ada MINISO. Harganya juga gak mahal!

Hari ke-dua di Bangkok

Hari kedua jalan-jalan ke Bangkok, pagi sekitar jam 7 aku dan teman-teman udah siap jalan ke Pratinam, semacam pasar pagi gitu di Bangkok. Di Pratinam bisa nawar kalo belanja, asal beli minmal 3 pcs. Di sini mostly yang dijual produk fashion, harganya murah banget mulai dari 70 Bath atau Rp 28.000,- Setelah puas belanja di Pratunam, aku lanjut belanja di Chatuchak. Pasar yang bukanya cuma saat weekend ini rame dan luas banget lho!! Di Chatuchak yang dijual gak cuma produk fashion, ada juga interior, kosmetik, aksesoris untuk binatang peliharaan, teh, dll. Seru banget pokoknya, jangan lupa pake baju yang nyaman dan topi karena pasar Chatuchak itu outdoor dan Bangkok cuacanya lebih panas daripada Jakarta.

Beberapa jajanan di Chatuchak

Setelah puas belanja, aku dan teman-teman balik ke apartemen untuk siap-siap ikutan Songkran Festival. Beruntungnya aku pas jalan-jalan ke Bangkok ternyata pas banget di Thailand lagi ngerayain Songkran, yaitu perayaan tahun baru Thailand. Setiap tanggal 13-15 April, orang-orang di Thailand saling menyiram air. Seruuuuu banget!!

Beli kacamata, sendal, pistol air & celana pendek anti air di Bangkok khusus Songkran Festival
Makan seafood sepuasnya, enak banget!!

Setelah main air di Songkran festival, malamnya aku dan teman-teman pergi ke restaurant seafood all you can eat, namanya Mangkorn seafood. Di sini kamu bisa makan seafood sepuasnya selama 2 jam dengan harga 399 Baht atau Rp 160.000,- aja. Gak cuma makanan yang all you can eat, minumannya juga gak usah bayar lagi lho!

Hari ke-tiga di Bangkok

Hari selanjutnya masih belum puas belanja, aku pun pergi ke Platinum Fashion Mall. Ini semacam Mangga dua gitu. Mostly yang dijual produk fashion. Di sini harganya lebih mahal tapi kualitasnya lebih bagus daripada yang dijual di Pratunam & Chatuchak. Dibandingkan dengan harga produk fashion di Jakarta, di Platinum jauh lebih murah. Untuk dress yang bagus harganya mulai dari 200 Baht atau Rp 80.000,- aja.

Trus, kita langsung pergi ke Siam Paragon Mall untuk makan dessert yang lagi hits, yaitu Japanese Water Cake. Ternyata rasanya biasanya aja, kalo gak salah dalam rupiah sekitar Rp 60.000,- lumayan mahal. Setelah perut diisi, lanjut belanja lagi. Kali ini belanja produk kecantikan di Eve and Boy (sephora-nya Thailand), pencita beauty product kalo jalan-jalan ke Bangkok wajib belanja di sini. Lengkap banget produk kecantikan ada di sini, dari mulai supplement gluta, softlens sampai high end makeup dari Eropa.

Pasar malam yang rapi dan bagus untuk foto-foto

Malam harinya pergi ke night market namanya Talad Neon. Nah, saat jalan-jalan ke Bangkok harus mampir ke pasar malamnya karena beda banget sama di Jakarta. Kalo di Bangkok bagus dan rapi. Ada live music dan bukan dangdutan pastinya. Di sini aku dan teman-teman hunting street food. Enak dan murah, tapi untuk yang muslim sebelum beli ditanya dulu mengandung babi atau nggak.

Hari ke-empat di Huahin

Setelah 3 hari berturut-turut jalan-jalan ke Bangkok terus, kali ini aku pergi ke Huahin (kota dekat dengan Bangkok). Di sini ada Santorini Park, tujuan utama hari ini. Kita sewa mobil van, dijemput pagi dari apartemen. Isi mobilnya bagus, rapi dan bersih. Cuma sayangnya supirnya gak bisa bahasa Inggris atau Indonesia, walopun begitu tapi supirnya baik banget.

Supirnya yang pakai baju putih
Interior mobilnya super keren kayak limosin ahaha :D

Perjalanan hampir 2 jam dari bangkok melalui jalan tol yang gak ada macet waktu itu. Pas sampai di Santorini Park kita harus beli tiket seharga 150 Baht atau Rp 60.000,- Kalo kamu suka banget foto-foto alias narsis, Santorini Park ini tempat yang wajib banget kamu kunjungi!

A post shared by Raden Ayu (@imaginarymi) on


Di sini juga banyak store untuk oleh-oleh bahkan beberapa merk fashion. Setelah puas foto-foto kita lanjut ke pantai Cha-am gak jauh dari Santorini Park. Pantainya sepi waktu itu, turisnya cuma dikit. Tapi sebenarnya aku dan teman-teman gak ada rencana ke pantai, karena tadinya kita mau ke Camel Republic. Sayangnya kita diminta bayar lagi, padahal harusnya kalo udah beli tiket Santorini Park yang 150 Baht gak harus bayar, karena kita gak mau jadinya pergi ke pantai deh.

Suasan pantai Cha-am

Di pinggir pantai banyak yang jual seafood, karena beberapa teman pada lapar, jadi kita coba makan tomyam. Lucunya kita diminta untuk tulis order makanan, nah mana bisa nulis tulisan Thai yang mirip bahasa sansekerta gitu. Akhirnya kita cuma nunjuk gambar di menu aja deh. Anyway, tomyam nya enak banget lho! 1 porsi bisa untuk 4-5 orang. Harganya aku lupa emang rada mahal sih, tapi enak banget!!

Tomyam terenak di dunia LOL

Balik dari Huahin ke Bangkok, kita belanja lagi di MBK Mall. Karena oleh-oleh belum pada beli, jadi belanja di beberapa hari sebelumnya itu untuk diri sendiri aja.

Gemerlap lampu di soi Cowboy

Anyway, aku penasaran banget sama daerah red light di Bangkok, jadi malemnya numpang lewat di Soi Cowboy. Suka banget sama lampu-lampunya yang warna warni. Di kanan kiri banyak perempuan atau perempuan jadi-jadian gak bisa dibedain. Hati-hati kalo ada yang jalan sempoyongan, itu artinya lagi mabuk.


Hari terakhir - balik ke Jakarta

Check-out apartement airbnb sekitar jam 10 pagi terus langsung pergi ke Donmueang airport naik Grab. Sampai bandara, shock banget liat kondisinya gara-gara super crowded dan gak teratur. Antri check-in bagasi aja sejam gara-gara diselak mulu!!! Kesel banget sumpah, jadi harus galak dan siaga biar gak diselak. Jadi kalo kamu balik dari bandara Donmueang ada baiknya datang minimal 2 jam sebelum berangkat. Walopun begitu gak bikin kapok jalan-jalan ke Bangkok, mau lagi!!! Makanannya enak, murahhhhh dan tempat belanjanya banyak banget!

Baca juga:
- Tips penginapan murah di Jepang
- Jalan-jalan ke Universal Studios Japan

You Might Also Like

0 comments

Part of IBB

Beauty Blogger Match Maker

Part of BBlog Indonesia